Pencarian Populer

Cara Menanam Cabe Rawit, Halaman Rumah Juga Bisa Dimanfaatkan

Cara Menanam Cabe, Halaman Rumah Juga Bisa Dimanfaatkan - Apabila Anda memiliki pekarangan atau halaman rumah baik itu di bagian depan maupun belakang maka bisa langsung Anda manfaatkan. Salah satunya dengan menanam beberapa pohon cabe rawit. Hal ini sangat menguntungkan dengan alasan bisa menghemat uang karena Anda tidak perlu lagi membeli cabe rawit di pasar tradisional. Dilain pihak, ternyata jenis bahan masakan ini juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Meskipun seringkali dianggap sebagai penyebab dari penyakit diare namun cabe rawit mampu meningkatkan sirkulasi darah. Lalu juga berkhasiat untuk meringankan nyeri otot dan sebagai detoksifikasi tubuh.

Saat Anda mengkonsumsi cabe rawit maka secara otomatis suhu tubuh akan mulai meningkat dan menjadi hangat. Keadaaan ini dianggap dapat meredakan penyakit flu serta menghangatkan badan saat suhu atau cuaca terlalu dingin. Jadi untuk kesimpulannya, menanam cabe rawit di pekarangan rumah memang cukup bagus serta memberikan banyak keuntungan.

Penanaman Cabe Rawit

Cara menanam cabe rawit, halaman rumah juga bisa dimanfaarkan, bahkan anak-anak pun bisa melakukan hal ini. Mungkin Anda juga sering melihat sendiri banyaknya biji-biji cabe yang tumbuh liar di atas tanah. Padahal tidak ada yang sengaja menanamnya, hanya membuang bekas masakan pedas dimana terdapat beberapa biji cabe saja. Ini membuktikkan kalau tanaman cabe rawit sangat mudah tumbuh serta dibudidayakan. Tidak memerlukan tindakan spesial karena dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar tempatnya tumbuh. Meskipun begitu, masih ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan cepat dan subur.

Pilih Benih Berkualitas

Cara Menanam Cabe Rawit Halaman Rumah
Cara Menanam Cabe Rawit, Halaman Rumah Juga Bisa Dimanfaatkan
Anda bisa membeli benih cabe rawit berkualitas di Platinum Crop International, dengan nama brand yang penuh inovasi Platinum Seed, yang bermerek Virgo. Anda pun dapat memesannya secara online dengan meng-klik www.platinumseed.online.

Penyemaian Benih

Sebelum di tanam pada media tertentu, lakukan penyemaian benih, rendam bij-biji cabe rawit dengan tujuan merangsang pertumbuhan tunas. Caranya cukup mudah, baca artikel kami sebelumnya yaitu Cara Menyemai Cabe Dengan Tisu, Inilah Caranya! Lalu praktekkan.

Siapkan Media Tanam

Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan polybag ataupun pot tanaman kecil untuk media penyebaran benih. Janganlah langsung di sebar pada permukaan tanah halaman rumah karena dapat beresiko hilang ataupun rusak karena berbagai penyebab. Contohnya, tersapu air hujan lebat, dirusak binatang kesayangan, dan masih banyak hal lainnya lagi. Dengan hal ini, Anda juga dapat merawat serta memperhatikan pertumbuhan benih dengan mudah.

Memindahkan Benih ke Tanah

Bila usia tanaman sudah satu mingguan maka dapat mulai dipindahkan ke media tanam baru yaitu tanah. Saat benih cabe rawit telah mengeluarkan beberapa helai daun kecil maka bisa bertahan hidup dengan sendirinya dan dapat melakukan fotosintesis dengan baik.

Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu jika kondisi tanah di halaman sudah diolah, seperti dicangkul agar tanah menjadi gembur, telah dilakukan pemupukan, pembasmian hama, dan lain sebagainya. Tidak lupa juga untuk membersihkannya dari gulma atau rumput liar agar tidak mengganggu pertumbuhan cabe rawit.

Perawatan Cabe Rawit di Rumah

Tentunya Anda tak perlu untuk intens dalam perawatan cabe rawit ketika ditanam sendiri di halaman rumah. Anda cukup melakukan penyiraman secara teratur saja setiap pagi dan sore. Tanaman cabe rawit memang lebih suka banyak air sehingga daun yang tumbuh akan menjadi lebih rindang dan subur. Akan tetapi jangan sampai permukaan tanahnya menjadi becek karena akan memicu busuknya akar. Siramlah saja seperlunya, jika tanah masih basah maka Anda tak perlu menyiramnya lagi. Nah, metode penyiraman yang wajib Anda perhatikan juga adalah saat masih berbentuk benih yang disemai. Gunakan alat semprot atau spray agar air yang keluar cukup  dan tidak berlebihan. Tujuannya hanya untuk membasahi media tanam saja agar permukaannya tetap lembab.

Selain disiram, tanaman juga perlu diberi pupuk dan juga pestisida atau obat pembasmi hama cabe rawit. Jenis pupuk yg digunakan juga banyak seperti kompos, urea, atau buatan seperti NPK. Bentuknya pun dapat bermacam-macam, ada yang cair atau bertekstur. Kemudian juga Anda harus rutin melakukan penyiangan gulma ataupun rumput liar di sekitar tanah halaman. Hal ini bertujuan agar gulma tak mengambil nutrisi dari dalam tanah. Bila dibiarkan tumbuh maka bisa membuat tanaman cabe rawit menjadi kurus, layu, serta tidak subur. Untuk mengatasi gangguan hama tanaman dari binatang, ulat, belalang, lalat buah, kepik, kutu daun, tungau merah dan sebagainya maka diperlukan pestisida. namun, jangan terlalu sering menggunakannya. Cukup 2 minggu sekali atau yang paling sering adalah satu minggu sekali saja dalam kadar yang cukup. Terlalu banyak zat kimia pestisida juga dapat membuat tumbuhan menjadi tidak sehat dan berbahaya untuk dikonsumsi.

Panen Cabe Rawit

Umur panen cabe rawit yang paling tepat yaitu sekitar 2,5 bulan setelah tanam. Pada waktu ini buah-buah cabe akan mulai terlihat ranum dan memerah namun tidak terlalu matang. Masih ada sedikit warna kehijauan sehingga Anda dapat menyimpannya di dapur atau kulkas selama beberapa hari ke depannya. Cabe rawit akan tetap segar dan sedap untuk disantap. Cara memetik cabe rawit yang baik dan benar adalah ketika masih pagi disaat embun yang menempel pada tanaman sudah mengering. Petik yang sudah mulai bewarna merah saja, jangan yang hijau ataupun sangat kecil.

Mudah sekali bukan cara menanam cabe rawit di halaman rumah? Anda tidak memerlukan lahan yang luas karena Anda dapat memanfaatkan tanah yang sempit sekalipun. Manfaatnya? Selain bisa menghemat uang belanja, Anda dapat memperindah halaman atau taman agar tampak terlihat asri, rapi, dan sejuk dipandang mata. Sekarang jika ingin masak sambal atau masakan pedas, cukup jalan ke halaman lalu petik beberapa buah cabe rawit yang masih terlihat fresh. Tidak perlu buang-buang uang, repot-repot pergi ke pasar tradisional.

Demikian artikel Cara Menanam Cabe Rawit, Halaman Rumah Juga Bisa Dimanfaatkan. Semoga bermanfaat.
Cara Menanam Cabe Rawit Halaman Rumah
Cara Menanam Cabe Rawit, Halaman Rumah Juga Bisa Dimanfaatkan

Kota Salatiga, Jawa Tengah

Beli Sekarang :

WhatsApp Telepon Kirim SMS
Belanja melalui "Market Place" kami :